CIRI KHAS NDAI DOU WERA

SELAMAT DATANG DI BLOG KOMUNITAS DOU WERA ..KAMANE..

KAMANE ADALAH CIRI KHAS ORANG WERA

JADI KAMANE PERLU KITA LESTARIKAN LENGA DOHOE

KARENA ITU MERUPAKAN BAGIAN DARI ADAT DAN BUDAYA KITA.......

WATI SI NDAI COU WALI


Rabu, 18 Agustus 2010

SEBUAH ANALOGI YG MENGAGUMKAN

Ada seorang pemuda yang sedang berjalan, tiba – tiba saja ada cidomo yang lewat dan pak kusir bertanya mau kemana mas??, ke gomong pak jawab si pemuda, ayo naik.
Si kusir mulai menjalankan kendaraan yang bermesinkan tenaga kuda itu, dan mulailah terlibat pembicaraan yang mulai menghangat. Merek membicarakan banyak hal dan berbagai variasi topik pembicaraan dan sesaat topik pembicaraan beralih tentang Tuhan.
Si bapak kusir berkata, saya tidak percaya Tuhan itu ada.
Kenapa bapak berbicara begitu? Tanya si pemuda.
Begini, coba anda perhatikan di depan sana, di jalanan untuk menyadari bahwa tuhan itu tidak ada. Katakan padaku jika tuhan itu ada, adakah yang sakit? Adakah anak terlantar? Jika ada tuhan, tidak akan ada yang sakit ataupun kesusahan. Saya tidak dapat membayangkan Tuhan Yang Maha Penyayang akan membiarkan ini semua terjadi, kata kusir cidomo
Si pemuda diam dan berpikir sejenak, tapi tidak merespon karena dia tidak ingin memulai adu pendapat.
Perjalananpun smpai ke tempat tujuan si pemuda itu kemudian turun dan meninggalka cidomo yang dia tumpangi itu. Beberapa saat kemudian setelah dia meninggalkan tempat dimana dia di turunkan oleh cidomo yang di tumpanginya dan dia melihat banyak orang yang jalan kaki yang meolak di tawarin untuk naik dan tidak mau naik cidomo. Si pemuda itu kembali ke tempat dimana dia di turunkan tadi da kebetulan cidomoo yang dia tumpangi tadi belum meninggalkan temapt itu da tiba – tiba dia berkata, Bapak tahu, sebenarnya TIDAK ADA KUSIR DAN CIDOMO.
Si Bapak kusir tidak terima, kenapa anda berkata demikian? Saya disini dan saya KUSIR CIDOMO, dan barusan anda naik cidomo saya dan saya sendiri kusirnya.
Tidak! Elak si Pemuda, kusir dan cidomo itu tidak ada, sebab jika ada, tidak akan ada orang yang jalan kaki.
Ah tidak, tapi tukang cidomo itu ada! Sanggah si kusir cidomo. Apa yang kamu liht itu adalah salah mereka sendiri, kenpa mereka tidak datangg ke sini aja si kusir cidomo memuela diri.
Cocok! Kata si pemuda itu menyetujui. Itulah masud saya! Sama dengan tuhan, TUHAN ITU JUGA ADA! Tapii apa yang terjadi orang – orang TIDAK MAU DATANG kepada-NYA, danTIDAK MAU MENCARI-NYA . oleh karena itu banyak yang sakit dan tertimpa kesusahan di dunia ini.
Akhirnya bapak kusir tu terdiam dan berpikir seraya berkata nanti saya cari referensi lagi......


By. M. GALLE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar