CIRI KHAS NDAI DOU WERA

SELAMAT DATANG DI BLOG KOMUNITAS DOU WERA ..KAMANE..

KAMANE ADALAH CIRI KHAS ORANG WERA

JADI KAMANE PERLU KITA LESTARIKAN LENGA DOHOE

KARENA ITU MERUPAKAN BAGIAN DARI ADAT DAN BUDAYA KITA.......

WATI SI NDAI COU WALI


Minggu, 12 Desember 2010

Loving "FATHER"

Suatu ktka, sorg ank wnta brtnya kpd ayahnya, tatkala tanpa sngja dia mlht ayahnya sdg mngusap wjhnya yg mulai brkerut dan badannya yg bungkuk di srtai suara batuk2.

Ank wanita itu brtanya pd ayahnya, "Ayah, mngapa wjh ayah kian berkerut dan bdn ayah kian bungkuk?
ayahnya mnjawab: "sebab aku laiki2 nak." itulah jwbn ayahnya. anak wanita itupun bergumam: "aku tak mngerti ayah". Jwbn ayanya itu mmbuatnya tercenung dan penasaran, ayahnya hanya tersenyum, lalu dibelai dan di tepuknya bahu ank wanita itu kmudian berkata: "anakku, kau memang blm mngerti tentang laki2." Bisikan ayahnya itu membuatnya bertambah bingung, karna penasaran, diapun menghampiri Ibunya lalu bertanya: "Ibu, mengapa wjh ayah mnjadi berkerut dan badannya bungkuk?" Ibunyapun menjawab: "Anakku, seorg laki2 yg bertanggung jwb trhdp keluarganya memang akan mengalami hal demikian." hanya itu jwbn sang bunda, tetapi anak wanita itu msh penasaran dan blm puas dgn jwbn trsbt. Hingga pd suatu mlmdia bermimpi.

Dlm mimpinya itu, dia mndngr suara yg sngt lembut namun jls skli kata2 yg terdngr, dan kata2 itu adalah rangkaian klmt dari jwbn ats rasa penasarannya slma ini.
" Saat Ku-ciptakan laki2, Aku membuatnya sbg pemimpin dlm keluarga srta sbgai tiang penyanggadari bangunan keluarga, Dia akn senantiasa akn menahan setiap ujungnya, agar keluarganya merasa nyaman, teduh dan terlindungi."
" Ku-ciptakan bahunya yg kekar dan berotot untk membanting tulang menghidupi slrh keluarganya"
" Ku-beri kemauan kpdanya agr sllu berusaha mencari nafkah yg berasal dari tetesan keringatnya sendiri yg halal dan bersih, agar keluarganya tdk terlantar, walaupun mungkin dia mendapat cerca'an dari ank2nya yg tdk puas ats hasil jeri payahnya itu."

" Ku-berikan keperkasaan dan mental baja yg akn membuat dirinya pantang menyerah. Demi keluarganya dia merelakan kulitnya tersengat panasnya matahari, demi keluarganya dia merelakan badannya basah kuyup dan kedinginan karna tersiram hujan srta terterpa hembusan angin. Dia rela tenaga perkasanya terkuras demi keluarganya . Yang sllu dia ingat adalah di saat semua orng menanti kedatanganya dan mengharap hasil jerih payah darinya."

" Ku-berikan kesabaran, ketekunan dan keuletan yg akn membuat dirinya sllu berusahamerawat dan membimbing keluarganya tanpa adanya keluh kesah, walaupun di setiap perjalanan hdpnya dia di terpa keletihan dan kesakitan."
"Ku-beri perasaan keras dan gigih untk berusaha berjuang demi mencintai dan mengasihi keluarganya dlm kondisi dan situasi apapunjg.pdhl ksh syngnya itu pula yg memberikan perlindungan rasa aman pd saat ank2nya tertidur lelap, sentuhan perasaannya itulah yg memberikan kenyamanan bila saat sdng menepuk2 bahu anaknya agr sllu slng menyayangi dan mengasihi sesama saudara."

" Ku-berikan kebijaksanaan dan kemampuan pdnya utk memberikan pengetahuan dan menyadarkan bahwa istri yg baik adalah istri yg setia terhadap suaminya. Istri yg baik adalah yg sllu menemani dan bersama2 menghadapi perjalanan hdp baik suka maupun duka, walaupun sering kali kebijaksanaanya itu akn menguji setiap kesetiaan yg di berikan kpda istrinya, agr ttp berdiri, bertahan, sejajar dan saling melengkapi serta saling menyayangi."
" Ku-berikan kerutan di wajahnya, utk menjadi bukti bahwa laki2 itu senantiasa berusaha sekuat daya pikir dan tenaganya utk mencari dan menemukan cara agr keluarganya bs hdp bahagia. Badannya yg bungkuk adalah bukti bahwa sbg laki2 yg bertanggung jawab trhdp slrh keluarganya, senantiasa berusaha mencurahkan tenaga serta segenap perasaannya, kekuatannya, keuletannya, demi kelangsungan hdp keluarganya."

" Ku-berikan kpda laki2 tanggung jwb penuh sbg pemimpin keluarga, sbg tiang penyangga, agr dpt di pergunakan dgn sebaik2nya dan hanya inilah kelebihan yg di miliki laki2.."

Terbangunlah anak wanita itu, dan segera berlari, berlutut serta berdo'a. Setelah itu diahampiri ayahnya yg sdng berdo'a pula.
ketika ayahnya berdiri, anak wanita itu merengkuh dan mencium telapak tangan ayahnya.

" AKU MENDENGAR DAN MERASAKAN BEBAN MU AYAH..."

Dunia ini memiliki banyak keajaiban, sgala cipta'an Tuhan yang begitu Agung, tetapitak satupunyang dapat menandingi keindahan tanganmu Ayah. . .

=> All Father...
" jika temen2 mencintai ayah dan skrng merasa sbg seorng ayah, krm kan cerita ini kpda orng lain, agr sluruh orng di dunia ini dpt mencintai dan menyayangi ayahnya..

=" I dedicate this story for my beloved father H.ASWAD MAHMUD, for my young brother SYAIFUL ANHAR MUBAROQ, MISKUL JANNATUL MA'Wa & MAJDIN NUR RAHMAT"=
Me and my Father, love U dad...

1 komentar: