CIRI KHAS NDAI DOU WERA

SELAMAT DATANG DI BLOG KOMUNITAS DOU WERA ..KAMANE..

KAMANE ADALAH CIRI KHAS ORANG WERA

JADI KAMANE PERLU KITA LESTARIKAN LENGA DOHOE

KARENA ITU MERUPAKAN BAGIAN DARI ADAT DAN BUDAYA KITA.......

WATI SI NDAI COU WALI


Senin, 20 Desember 2010

PENTINGNYA VISI & KOMITMEN DALAM HIDUP

Teman – temanku, masyarakat kita sekarang sedang mengidap penyakit kronis yang sangat berbahaya.Penyakit itu adalah tidak memiliki visi dan tidak memiliki komitmen dalam hidup.
Tidak adanya visi dan tujuan dalam hidup, menjadikannya pendek pikiran.Karena pendek pikiran, ia lebih tertarik melakukan hal-hal yang instan sifatnya, yang memberikan kenikmatan sesaat, tanpa memikirkan akibat yang akan ditimbulkannya.
Tidak adanya visi menjadikan seseorang tidak komitmen menjalankan nilai-nilai kebenaran.Ia akan terombang-ambing dalam ketidakpastian.Ia tidak memiliki semangat juang untuk sukses dan istikomah dalam beramal.Dua penyakit ini tidak memiliki visi yang jelas dan tidak memiliki kedisiplinan.Dan tidak disiplin menjadi modal awal untuk meraih kegagalan.
Tidak adanya visi dan komitmen akan menyababkan seseorang sibuk beraktivitas.Namun semua yang dilakukannya tidak efektif, dan tidak bernilai tambah, dan hanya membuang-buang waktu.Sebab ia hanya mengerjakan hal-hal yang kurang penting.Mungkin pula aktivitas yang ia lakukan sangat menyenangkan, namun akibat yang ditimbulkannya demikian panjang dan berat.Tidak sebanding antara yang ia dapatkan dengan yang ia korbankan.Karena segalanya dilakukan tanpa arah yang jelas dan perhitungan yang matang.


Demikian pula dengan seorang remaja yang akan tergelincir melakukan maksiat.Karena ia tidak memiliki visi yang jelas dalam hidupnya.Bagaimana membangun keluarga sakinah? Apa akibat yang akan ditimbulkan dari perbuatan tersebut? Semuanya gelap.Ia hanya memikirkan kesenangan untuk waktu itu saja.Ia muslim, namun ia tidak memiliki komitmen dengan nilai-nilai keislamannya.
Seorang pegawai yang tidak memiliki visi dalam hidup dan komitmen terhadap nilai-nilai, maka ia akan bekerja seenak perut, tidak berfikir untuk mengembangkan diri dan bekerja secara profesional.Ia hanya menuntut hak tanpa peduli kewajiban.Tidak heran bila dalam sekejap/singkat, ia akan tergusur oleh perubahan.
Seoarang pejabat yang tidak memiliki visi dalam hidup, komitmennya manjaga amanah rakyat sangat diragukan.Ia akan dengan mudah tergelincir dan meyalahgunakan jabatan untuk memperkaya diri, tanpa peduli akibat yang akan ditimbulkan.
Seorang pedagang yang tidak memiliki visi dan komitmen dalam hidup, akan mudah menipu pembeli.Ia akan manukar kebahagiaan dan keberkahan dengan keuntungan yang banyak.
Karena itu, siapa yang memiliki visi atau tujuan yang jelas dalam hidupnya, lalu berjuang keras menjaga komitmen hidupnya, maka ia akan menjadi manusia disiplin.Dan dengan kesiplinan, gerbang kesuksesan akan segera kita jelang..Wassalam
NURHIDAYATI ARIFAH
AyayaqAdamPapuHajiOcong

1 komentar:

  1. buat pembaca mohon maaf apabila banyak kekurangan dalam tulisan ini... bagi kami salah dan benar itu perspoalan kemudian yg penting adalah proses

    kritik dan saran pembaca kami tungggu....

    BalasHapus